PENGERTIAN PEMASARAN

I.                   PENGERTIAN PEMASARAN
                  Pemasaran adalah jalan yang harus ditempuh oleh produk yang dihasilkan oleh produser agar dapat sampai pada konsumen .
                  Pemasaran hanya terdapat pada usaha-usaha yang sifatnya komersial artinyausaha yang berorientasi pasar alam tetapi dalam usaha perkebunan yang tujuannya ada untuk memenuhi kebutuhan hidup dan juga yang kadang-kadang untuk berorientasi kepada pasar.
                  Didalam usaha perkebunan ada yang berskala kecil ini arahnya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Ada juga yang berskala besar ini orientasinya kepada pasar.
                  Tetapi usaha komersial, perencanaan produksi dan pelaksaannya disesuaikan dengan kebutuhan pasar.
Misalnya :
  1. Jenis produknya apa saja
  2. Berapa jumlahnya
  3. Bagaimana Kwalitasnya
  4. Bagaimana pemilihannya
  5. Bagaimana pengupahannya
  6. Bagaimana pengangkutannya
  7. Kapan diperlukannya
  8. Siapa yang terlibat dalam pesanan
  9. Berapa harga pasarannya.

                  Pemasaran komoditi perkebunan adalah aktivitas pengusaha perkebunan untuk dapat menjual produknya agar dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
Pemasaran dapat dilakukan oleh produsen sendiri (petani) atau oleh pengusaha hasil perkebunan (misalnya tengkulak, pedagangan pengumpul, pengecer dan lain-lain).

II.  PELUANG PASAR DAN PEMASARAN KOMODITI PERKEBUNAN
                  Pada era persaingan pasar global yang semakin kompetitif dengan hampir tidak jelasnya lagi batasan pasar suatu wilayah Negara, maka daya saing produk merupakan keharusan untuk mampu merebut pasar.
                  Letak geografis Aceh yang berada di paling ujung barat Indonesia, merupakan suatu tantangan bagi pengembangan pemasaran komoditas untuk pasar domistik, terutama komoditas non migas, untuk itu pengembangan komoditas seharusnya lebih diarahkan pada komoditi yang mempunyai prospek pasaran untuk ekspor. Sedangkan untuk kebutuhan pasar domestik diarahkan terhadap produk yang mempunyai keunggulan komperatif sebagai bahan baku industri di dalam negeri. Untuk itu kesediaan data dan penyebaran informasi harga pasar komoditi merupakan salah satu sarana bagi penilaian / Analisis peluang pasar suatu komoditi.
                  Dilihat dari segi daerah tujuan pemasaran komoditi, maka sekmen pasar komoditi Aceh adalah sebagai berikut:
a.   Pasaran lokal
      Merupakan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, seperti    hasil pertanian/perkebunan rakyat skala kecil dan lain-lain  sebagainya.
b.   Pasaran antar pulau
      Merupakan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan pasar di provinsi lain/antar        pulau. Komiditi ini terutama berhubungan dengan bahan baku industri dan barang komsumsi erti udang segar, sirip ikan hiu, jagung, rotan dan lain-lain.
c.   pasaran ekspor
      Merupakan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan pasar di luar negeri. Sampai      saat ini komoditi ekspor Aceh masih didominasi produk migas, walaupun            demikian ekspor non migas mengalami perbaikan. Komoditi ekspor non migas          antara lain, karet, coklat, kopi, pinang dan lain-lain. Permasalahan ekspor Aceh       terletak pada suasana dan prasarana pelabuhan, sehingga sebagian besar      pelaksanaan ekspor dilakukan melalui pelabuhan Belawan di Sumatra Utara. Jadi         dengan demikian dapat kita ketahui yang bahwa peluang pasar dan pemasaran         komoditi perkebunan di Aceh sangat baik, baik untuk kebutuhan local maupun       untuk di ekspor.

III. Kesimpulan
1.   Perekonomian Aceh sampai saat ini masih bertumpu pada sector pertambangan      dan industri migas, yang merupakan komoditi yang tidak diperbaharui. Sedangkan          potensi sumber daya alam bagi pengembangan produk komoditi non migas masih            sangat kecil yang telah di manfaatkan, dilain pihak peluang pasar masih sangat        terbuka.
2. Perlu adanya upaya yang lebih serius dari kita semua dalam penyediaan,       penyebaran dan pertukaran data informasi harga pasar komoditi, sehingga             masing-masing provinsi dapat menganalisis peluang pasar untuk meningkatkan        transaksi perdagangan dalam negeri.



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to " PENGERTIAN PEMASARAN"

Post a Comment