Mencari Peluang Pasar komoditi perkebunan

a.      Latar Belakang

            Didalam dunia usaha bukan saja masalah permodalan, pengadaan barang uang untuk diperdagangkan tetapi permasalahannya bagaimana para produsen dapat dengan mudah menjual barangnya dengan keuntungan yang diperolehnya.
            Perencanaan adalah suatu tindakan awal dalam suatu kegiatan dalam mremulai usahanya.
            Pemasaran dan penjualan adalah suatu tindakan usaha dalam perencanaan, dimana dalam perencanaannya akan dijumpai beberapa bentuk kebijaksanaan dan program pemasaran.
            Sering kita jumpai bahwa pengusaha/produsen dalam mengambil langkah usahanya atas ketajaman perasaan, akibatnya langkah yang diambil sering tidak mengarah kepada sasaran.
Suatu contoh : Seorang petani yang cukup mempunyai pengalaman yang lama tentang usaha taninya, ia yakin dengan perasaan serta pendapat sendiri tentang pemasaran hasil produksinya yang selama ini selalu lancar di pasaran, pada suatu saat pengusaha tani tersebut menggarap lahan pertaniannya dengan menggunakan modal pinjaman untuk memperluas kegiatan usahanya dengan pengharapan bahwa harga pada saat panen tiba harga akan melonjak tetapi kenyataanya tidak seperti yang diharapkan.
                           Pedagang daerah lain telah memasukkan hasil yang serupa ke daerah tersebut dengan harga yang rendah. Oleh karena petani tersebut tidak dapat memasukkan barang yang dihasilkan sebagaimana yang diharapkan. Sehingga pengusaha tersebut tidak dapat memasukkan hasil produksinya dengan baik sehingga keuntungan tidak seperti yang diharapkan, bahkan kemungkinan mendapat kerugian. Sedangkan ia sudah ditagih bunga atas pinjamannya.
            Dari contoh diatas jelas bahwa betapa pentingnya arti pasar bagi setiap pengusaha harus dikuasai secara cermat sebelum menentukan langkah-langkah pemasaran.


b.      TUJUAN/MANFAAT
            Untuk mengenal pasar komoditi perkebunan perlu diperhatikan langkah-langkah tepat untuk memberi hasil yang baik,sehingga dalam pemasaran hasil produksi tanaman
Lebih menguntungkan

       c. REKOMENDASI (ARAHAN/BIMBINGAN)
1.         Merumuskan masalah yang perlu dipelajari dengan teliti.
            Penting uintuk menentukan arah dan tujuan dari pada penjualan pasar, sehingga     memudahkan dalam menentukan keterangan-keterangan yang diperlukan.
2.         Menentukan jenis fakta dan sumber keterangan untuk memperoleh jawaban dari    persoalan dihadapi oleh pengusaha, perlu difikirkan keterangan apa saja hal yang      harus dikumpulkan dan dari mana sumber informasinya diperoleh.
3.         Mengumpulkan keterangan pasar
            Cara yang mudah untuk keterangan dalam usaha mengenal pasar melalui    perpustakaan, yaitu dari beberapa laporan, penerbitan dan lain-lain.
4.         Mempelajari keterangan pasar
            Setelah mengetahui hasil pengolahan pasar, kemudian mempelajari secara   mendalam dan teliti, bagaimana hubungan data yang satu dengan yang lainnya,         serta bagaimana pengaruh perobahan satu hal terhadap hal lain.
5.         Menentukan cara pengumpulan keterangan
Seluruh keterangan pasar yang berhasil diperoleh secara teratur dan disusun dalam daftar keterangan yang harus dicapai. Setelah itu dipilih, keterangan mana yang memang diperlukan.
Hasil dari pengelolahan tersebut merupakan informasi yang berharga dalam menentukan suatu keputusan selanjutnya.
6.         Menarik pelajaran sebagai hasil pengenalan pasar.
            Dengan mempelajari berbagai kaiyan/hubungan dari data yang telah diolah             tersebut dapat ditetapkan suatu kesimpulan sebagai pelajaran yang sangat         berharga.


            Dengan cara-cara tersebut diatas untuk mencari peluang pasar komoditi perkebunan dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Mencari Peluang Pasar komoditi perkebunan"

Post a Comment