a.
Latar Belakang
Didalam dunia usaha
bukan saja masalah permodalan, pengadaan barang uang untuk diperdagangkan
tetapi permasalahannya bagaimana para produsen dapat dengan mudah menjual barangnya
dengan keuntungan yang diperolehnya.
Perencanaan adalah
suatu tindakan awal dalam suatu kegiatan dalam mremulai usahanya.
Pemasaran dan
penjualan adalah suatu tindakan usaha dalam perencanaan, dimana dalam
perencanaannya akan dijumpai beberapa bentuk kebijaksanaan dan program
pemasaran.
Sering kita jumpai
bahwa pengusaha/produsen dalam mengambil langkah usahanya atas ketajaman
perasaan, akibatnya langkah yang diambil sering tidak mengarah kepada sasaran.
Suatu contoh : Seorang petani yang
cukup mempunyai pengalaman yang lama tentang usaha taninya, ia yakin dengan
perasaan serta pendapat sendiri tentang pemasaran hasil produksinya yang selama
ini selalu lancar di pasaran, pada suatu saat pengusaha tani tersebut menggarap
lahan pertaniannya dengan menggunakan modal pinjaman untuk memperluas kegiatan
usahanya dengan pengharapan bahwa harga pada saat panen tiba harga akan
melonjak tetapi kenyataanya tidak seperti yang diharapkan.
Pedagang
daerah lain telah memasukkan hasil yang serupa ke daerah tersebut dengan harga
yang rendah. Oleh karena petani tersebut tidak dapat memasukkan barang yang
dihasilkan sebagaimana yang diharapkan. Sehingga pengusaha tersebut tidak dapat
memasukkan hasil produksinya dengan baik sehingga keuntungan tidak seperti yang
diharapkan, bahkan kemungkinan mendapat kerugian. Sedangkan ia sudah ditagih
bunga atas pinjamannya.
Dari contoh diatas
jelas bahwa betapa pentingnya arti pasar bagi setiap pengusaha harus dikuasai
secara cermat sebelum menentukan langkah-langkah pemasaran.
b.
TUJUAN/MANFAAT
Untuk mengenal
pasar komoditi perkebunan perlu diperhatikan langkah-langkah tepat untuk
memberi hasil yang baik,sehingga dalam pemasaran hasil produksi tanaman
Lebih menguntungkan
c. REKOMENDASI
(ARAHAN/BIMBINGAN)
1. Merumuskan masalah
yang perlu dipelajari dengan teliti.
Penting uintuk
menentukan arah dan tujuan dari pada penjualan pasar, sehingga memudahkan dalam menentukan
keterangan-keterangan yang diperlukan.
2. Menentukan jenis
fakta dan sumber keterangan untuk memperoleh jawaban dari persoalan dihadapi oleh pengusaha, perlu
difikirkan keterangan apa saja hal yang harus
dikumpulkan dan dari mana sumber informasinya diperoleh.
3. Mengumpulkan
keterangan pasar
Cara yang mudah
untuk keterangan dalam usaha mengenal pasar melalui perpustakaan, yaitu dari beberapa laporan, penerbitan dan
lain-lain.
4. Mempelajari
keterangan pasar
Setelah mengetahui
hasil pengolahan pasar, kemudian mempelajari secara mendalam dan teliti, bagaimana hubungan data yang satu dengan yang
lainnya, serta bagaimana pengaruh
perobahan satu hal terhadap hal lain.
5. Menentukan cara
pengumpulan keterangan
Seluruh keterangan pasar yang berhasil diperoleh secara
teratur dan disusun dalam daftar keterangan yang harus dicapai. Setelah itu
dipilih, keterangan mana yang memang diperlukan.
Hasil dari pengelolahan tersebut merupakan informasi
yang berharga dalam menentukan suatu keputusan selanjutnya.
6. Menarik pelajaran
sebagai hasil pengenalan pasar.
Dengan mempelajari
berbagai kaiyan/hubungan dari data yang telah diolah tersebut dapat ditetapkan suatu kesimpulan sebagai
pelajaran yang sangat berharga.
Dengan cara-cara
tersebut diatas untuk mencari peluang pasar komoditi perkebunan dapat tercapai
sebagaimana yang diharapkan.
0 Response to "Mencari Peluang Pasar komoditi perkebunan"
Post a Comment