Poster adalah
media yang diggunakan untuk menyampaikan suatu informasi, saran, ide,
rekomendasi, ajakan, himbauan, peringatan tertentu, sehingga dapat merangsang
keinginan yang melihatnya untuk melakukan/melaksanakan isi pesan tersebut.
Misalnya poster tentang flu burung, bahaya antrax, ajakan menggunakan pupuk
berimbang dan lain sebagainya.
Oleh karena itu poster harus mempunyai daya tarik pandang
yang kuat jika ingin menarik perhatian dan mempunyai pengaruh cukup kuat dalam
penyampaian pesan, atau penyampai pesan terus menerus sehingga dapat
menimbulkan kesan yang tidak mudah dilupakan.
Untuk menjadikan poster menjadi media yang menarik tak
lepas dari bentuk design dan redaksi isi pesan. Paduan berbagai elemen design
berupa warna, bentuk huruf, ilustrasi pendukung, ukuran, redaksional bahasa
dalam isi pesan dan kualitas bahan sangat berpengaruh dalam menarik perhatian
yang melihatnya.
1. Ciri – ciri poster
- Berupa suatu
gambaran/ilustrasi disertai kata – kata yang mempunyai daya visual dan
dapat menarik perhatian
- Adanya pesan
yang akan disampaikan bagi yang melihatnya
- Merangsang
orang yang melihat untuk melaksanakan maksud poster
- Menangkap
penglihatan yang seksama terhadap orang yang melihat dan dapat dibaca
dalam waktu singkat kurang lebih 7
detik
- Mempunyai
ukuran tertentu (A4, Folio, A3, B4,
A1, A0)
2. Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster
a. Untuk siapa poster tersebut diproduksi/ditujukan (usia,
jenis kelamin, profesi, penguna dan segmentasi target)
b. Ukuran poster harus disesuaikan dengan area dan ruangan
yang akan dipasang (area terbuka /di dalam ruangan)
c. Kualitas bahan disesuaikan dengan tempat pemasangan terkait dengan
kekuatan bahan terhadap cuaca, keamanan (indoor/outdoor)
d. Lama pemasangan disesuaikan dengan kebutuhan yang
diiginkan
e. Tempat pemasangan ditempatkan pada posisi strategis
(mudah dilihat, tidak tertutup sesuatu, jarak pandang sesuai)
2. Syarat – syarat dalam pembuatan poster
a. Ilustrasi jangan terlalu banyak, tetapi menarik dan mudah
dimengerti
b. Teks yang dicantumkan ringkas, jelas dan bermakna
c. Adanya kesinambungan dan keseimbangan antara ilustrasi
dan teks
d. Dapat dibaca dalam waktu singkat
e. Warna ilistrasi dan kata – kata kontras dengan warna latar
f. Adanya titik pusat perhatian
4. Cara Pembuatan
Poster
a. Menentukan konsep/ide/gagasan
b. Merencanakan gambar dengan sketsa kasar
c. Membuat dalam bentuk digital (menggunakan komputer) atau
manual dengan memperhatikan kesesuaian elemen design (warna, bentuk huruf,
jarak, ukuran)
d. Membuat dalam bentuk skala kecil dan terbatas untuk
dikoreksi (proofing)
e. Membuat dalam bentuk sesunguhnya
f. Memperbanyak dalam jumlah yang dibutuhkan
3. Anatomi design Poster terdiri dari :
a. Judul
(Heading)
b. Sub
Judul ( Sub Heads)
c. Tulisan
(Article)
d. Ilustrasi/Gambar
(Illustrations)
e.
Penerbit (Producer)
0 Response to "Membuat Media Penyuluhan Pertanian Dengan Media Cetak Dalam Bentuk Poster "
Post a Comment