Prosedur pemilihan media penyuluhan pertanian perlu
mendapat perhatian sebagai berikut :
1.
Tetapkan
pesan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran yakni kebutuhan petani.
2.
Rumuskan
tujuan yang hendak dicapai yakni perubahan prilaku petani dengan aspek
pengetahuan keterampilan dan sikap.
3.
Lakukan
pemilihan terhadap media penyuluhan yang tersedia, potensi lingkungan petani
yang dapat dimanfaatkan sebagai media penyuluhan dan penilaian terhadap tahap
adopsi sasaran
4. Perhitungan
biaya yang diperlukan untuk persiapan pembuatan atau pengadan media penyuluhan.
5. Tetapkan
media penyuluhan sesuai dengan metode penyuluhan yang telah ditetapkan.
6. Lakukan evaluasi pemilihan dan penggunaan metode
Evaluasi penting
dilakukan untuk mengukur sejauh mana media penyuluhan pertanian yang telah
dipilih dan digunakan. Dirasakan manfaatnya terhadap pemilihan bahan perbaikan
dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan media penyuluhan
pertanian pada periode berikutnya secara berkesinambungan.
Media tidak dapat
dipilih dan digunakan asal saja, tetapi harus dipilih dengan seksama dan
digunakan dengan benar. Tidak ada suatu mediapun yang dapat dipakai untuk
mencapai semua tujuan, sehingga tidak mungkin semua diperlakukan dengan media
yang sama. Dalam penyelenggaraan penyuluhan, pemilihan jenis media yang
digunakan perlu dipertimbangkan pada kebersamaan antara metode belajar
mengajar, tujuan dan situasi pelatihan. Berikut ini gambaran penggunaan media
penyuluhan yang sesuai untuk berbagai kelompok sasaran dapat dilihat pada tabel
1.
Tabel 1. Penggunaan Jenis Media Berdasarkan Kelompok
Sasaran
No.
|
Jenis Media
|
Sasaran
|
||
Massal
|
Kelompok
|
Individu
|
||
1.
|
Poster
|
√
|
-
|
-
|
2.
|
Film Layar
Lebar
|
√
|
-
|
-
|
3.
|
Film Video
|
-
|
√
|
-
|
4.
|
Folder/Leaflet
|
-
|
√
|
√
|
5.
|
Brosur, Komik
|
-
|
√
|
√
|
6.
|
Peta
Singkap/Flipchart
|
-
|
√
|
-
|
7.
|
Kartu
Kilat/Flaschard
|
-
|
√
|
-
|
8.
|
Papan Flanel
|
-
|
√
|
-
|
9.
|
Siaran Pedesaan
(TV, Radio)
|
√
|
-
|
-
|
10.
|
Kaset Rekaman, CD, VCD, DVD
|
-
|
√
|
√
|
11.
|
Slide
|
-
|
√
|
-
|
12.
|
Photo
|
-
|
√
|
√
|
13.
|
Transparansi
/Presentasi
|
-
|
√
|
-
|
14.
|
Model
|
-
|
√
|
-
|
15.
|
Papan Tulis
|
-
|
√
|
-
|
16.
|
Telephone
|
-
|
-
|
√
|
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan
media, antara lain : Tujuan perubahan yang akan dicapai oleh sasaran,
karakteristik sasaran/peserta didik, strategi komunikasi, isi pesan, biaya dan
karakteristik wilayah.
Banyak ragam media atau jenis media
yang dapat kita pilih dan kiat gunakan tergantung pada materi yang disajikan,
keadaan/kebutuhan sasaran, situasi tempat pembelajaran dan tentunya tergantung
tujuan yang ingin dicapai. Ragam media penyuluhan yang kerap digunakan dapat
dikelompokkan ke dalam empat kelompok besar, yaitu media penyuluhan tercetak,
media penyuluhan audio, media penyuluhan audio visual dan objek fisik atau
benda nyata.
Dari sekian banyak media dalam
penggunaannya tidak ada satu mediapun yang terbaik, karena setiap jenis media
mempunyai kelemahan. Yang terbaik tentunya menggunakan kombinasi beberapa jenis
media, sehingga dapat menutupi kelemahan media tersebut.
0 Response to "Prosedur Pemilihan Media Pertanian"
Post a Comment